Breaking

Gara-Gara Miras

Filsafat / Travel / 12 September 2013

DI TUBUH SEORANG PEMABUK

Alkohol jelas berbahaya bagi tubuh. Meski Anda bukan pecandu dan hanya peminum moderat atau peminum sosial, alkohol tetap memberikan efek buruk bagi tubuh. Inilah yang terjadi pada tubuh orang yang suka minum alkohol.

Efek buruk alkohol yang langsung terasa biasanya adalah mabuk. Tapi jauh dibalik itu, bila minuman ini terus-menerus dikonsumsi, maka kesehatan yang jadi taruhannya. Berikut beberapa efek yang terjadi pada tubuh bila Anda suka minum minuman beralkohol, seperti dilansir Boldsky, Minggu (3/2/2013):

1. Sirosis hati
Penyakit ini seperti musuh dari semua peminum alkohol. Alkohol adalah seperti racun bagi sel-sel hati yang dapat menimbulkan bekas luka jaringan hati. Akhirnya hati yang begitu rusak berhenti bekerja sama sekali. Sirosis (pengerasan hati) adalah penyakit yang berpotensi fatal.

2. Tekanan darah tinggi
Alkohol akan membuat Anda ‘high’ atau melayang. Perasaan ini berasal dari sistem saraf simpatik yang mengontrol tekanan darah Anda. Ketika Anda melakukan pesta minuman keras, sangat mungkin terjadi lonjakan tekanan darah secara tiba-tiba.

3. Kegemukan (obesitas)
Vodka, bir dan gin adalah minuman beralkohol yang cukup menggemukkan. Sebenarnya Anda bisa mendapatkan lebih banyak kalori dari alkohol ketimbang dari makanan. Kebanyakan pecandu alkohol kronis memiliki ‘perut bir’ alias buncit. Obesitas adalah awal dari banyak masalah kesehatan yang serius.

4. Penyakit pembuluh darah
Jika tekanan darah Anda tinggi, itu jelas akan memberikan tekanan pada jantung. Peminum alkohol cenderung lebih rentan dan berisiko mengalami serangan jantung. Alkohol juga membuat platelet darah menggumpal yang mengarah pada penyumbatan jantung.

5. Anemia
Ketika Anda minum alkohol, oksigen yang dibawa oleh darah akan berkurang. Ini menyebabkan anemia jenis tertentu yang membuat tubuh Anda terasa lelah dan sesak napas, bahkan saat tidak melakukan apa-apa.

6. Asam urat
Asam urat merupakan jenis radang sendi (arthritis) yang disebabkan karena akumulasi asam urat pada sendi. Jika Anda seorang peminum alkohol, asam urat akan terasa lebih menyakitkan ketimbang orang biasa.

7. Kerusakan pankreas
Alkohol dapat menyebabkan peradangan pada pankreas dan menghambat sistem pencernaan yang normal. Kondisi ini sangat susah diobat dan juga dapat menyebabkan kematian.

8. Kerusakan saraf
Alkohol juga merupakan racun pada sel-sel saraf, yang dapat menyebabkan sindrom yang disebut alcoholic neuropathy. Anda mungkin akan merasakan seperti tertusuk jarum di ujung jari tangan atau kaki, atau mati rasa di beberapa bagian tubuh. [l6]

Pandapat Anda!

Mengenal 4 Tipe Pemabuk

Sekedar tambahan, pernahkah Anda mengamati orang yang sedang mabuk? Entah itu dalam sebuah adegan film maupun dalam kehidupan nyata. Biasanya Anda akan menemukan orang yang ketika mabuk akan tertawa terbahak-bahak, bercerita hal-hal lucu, berkelahi dengan orang lain, atau bahkan tak tampak seperti orang mabuk.
Baru-baru ini, beberapa peneliti psikologi dari University of Missouri di Columbia mempublikasikan sebuah studi yang mengungkapkan beberapa jenis pemabuk. Penelitian tersebut melibatkan 374 mahasiswa sarjana dan menggunakan sastra serta budaya pop, untuk menyimpulkan bahwa terdapat 4 jenis pemabuk. Berikut ini 4 jenis pemabuk seperti dikutip dari Time, Minggu (10/4/2016):

Tipe Ernest Hemingways dan Mary Poppins

1. The Ernest Hemingways

Ernest Hemingway merupakan seorang penulis dengan karyanya yang terkenal, The Old Man and the Sea. Selain itu, ia juga dikenal sebagai orang yang tak bisa mabuk walaupun telah menenggak bergelas-gelas minuman beralkohol.
Ternyata sebanyak 40 persen pemabuk juga mengalami hal yang sama dengan Hemingway. Mereka tak menunjukkan perubahan sikap yang besar ketika sedang mabuk.

2. The Mary Poppins

Mary Poppins adalah judul film fantasi musikal pada 1964 yang dibuat oleh produser Walt Disney. Tokoh utamanya, Poppins, digambarkan sebagai seorang wanita yang sempurna dalam segala hal. Sama halnya dengan Poppins, pemabuk yang digolongkan sebagai The Mary Poppins, merupakan mereka yang bersikap lebih manis dan terlihat bahagia ketika sedang mabuk.

Tipe Nutty Professors dan Mr. Hyde

3. The Nutty Professors

The Nutty Professors merupakan film pada 1996 ber-genre fiksi ilmiah yang dibintangi oleh Eddie Murphy. Dalam film tersebut, Murphy berperan sebagai Sherman Klump, yaitu seorang profesor yang mengalami obesitas.

Dalam film tersebut diceritakan bahwa Klump akhirnya membuat sebuah ramuan untuk menurunkan berat badannya agar dapat menarik perhatian gadis impian. Walaupun berhasil menurunkan bobot tubuh, namun dengan meminum ramuan tersebut ia memiliki kepribadian ganda.

Serupa dengan apa yang dialami Klump, pemabuk yang termasuk dalam tipe the Nutty Professors rata-rata mempunyai kepribadian intovert atau tertutup. Namun ketika mabuk, sikap mereka jauh lebih terbuka dan mudah untuk bersosialisasi.

4. The Mr. Hydes

Mr. Hyde atau nama lengkapnya Edward Hyde, adalah kepribadian lain yang dimiliki oleh Dr Henry Jekyll. Mereka adalah karakter fiksi dalam novel berjudul Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde yang ditulis oleh Robert Louis Stevenson pada 1886.
Dalam novel tersebut, Mr. Hyde digambarkan memiliki sifat mengerikan yang sama sekali tak mempunyai belas kasihan dan kasar.

Pemabuk yang tergolong dalam jenis Mr. Hydes, ketika sedang di bawah pengaruh alkohol sikapnya akan berubah seperti tokoh fiksi tersebut. Mereka menjadi kurang bertanggung jawab, tak intelek, dan cenderung memiliki rasa permusuhan ketika sedang mabuk.

Bagaimana dengan Anda?

TADI MALAM pada saat sa parkir beli air di Wonorejo, pas dekat tikungan Meubel. Motor 1 melesat kencang depan tikungan Meubel. Ia tidak belok, tetapi lurus ke arah Meubel sebelah ada pondok kecil. Persisnya didepan mobil saya.

Saya hanya perhatikan saja. Dengan kecepatan tinggi, motor itu tabrak rumah kecil itu. Penumpang motor ternyata ada 3 orang, semua mabuk. Yang duduk ditengah langsung berdiri dan jalan ke arah Meubel. Pace yang duduk depan tidak bisa bergerak. Tidak pakai baju dan dan celana levis lipat tengah. Pace yang dibelakang berusaha berdiri dan masih sadar. Dia angkat motor dan bangunkan pace didepan yang terinjak motor.

“Anigou yii? Anigou yii”, dalam bahasa Mee artinya bangunlah-bangunlah.

Yang depan bangun tapi, celana bagian kiri bawah sudah robek badarah. Dua tangan talipat, ia berjalan seperti orang yg sudah diborgol.

“Nauwi yi? Nauwi yi?”, ajak pace yg pegang motor (artinya “jalan sudah-jalan sudah, bhs Mee).

Dorang dua langsung balik ke arah Karang.

Jadi, dalam hati sa pikir, “Oooo dorang dua hanya datang tabrakan diri, setelah itu, dari tempat tujuan, mereka dua kembali ke tempat awalnya. Bagus.

Setelah itu saya pun turun cek TKP yang sedang dikerumuni orang.

Saya hanya berpikir. Seandainya saya tidak berhenti beli aqua, pasti motor itu hantam mobil saya. Repotnya lagi, mereka persalahkan saya. Padahal mereka mabul dan tabrakan mobil saya.

Saya hanya perhatikan saja. Dengan kecepatan tinggi, motor itu tabrak rumah kecil itu. Penumpang motor ternyata ada 3 orang, semua mabuk. Yang duduk ditengah langsung berdiri dan jalan ke arah Meubel. Pace yang duduk depan tidak bisa bergerak. Tidak pakai baju dan dan celana levis lipat tengah. Pace yang dibelakang berusaha berdiri dan masih sadar. Dia angkat motor dan bangunkan pace didepan yang terinjak motor.

Itu namanya; Gara gara miras. Jadi, saran kk. Kalau kalian mau minum, minum yang baik baik. Jangan paksakan diri. Kalau perut sudah cukup, jangan paksakan diri tambah lagi. Kita orang Papua kalau minum, biasa hitung berapa botol. Itu jeleknya. Bagi orang Barat, di felem felem, dong bisa minum Vodka sebotol dalam seminggu.

Di Fajar Timur Flores atau Kupang, dong hanya minum pada saat acara. Tapi kita disini, su jadi makanan pokok.

MIRAS

Tidak bisa nontong Persipura
Tidak bisa dengar Mambesak
Tidak bisa membela Ukauwo
Tidak bisa ……………………….

Bukan budaya kita
Bukan budaya Papua,
Bukan ………………….
Bukan …………………

Merusak badan
Merusak jati diri
Merusak akhlak
Merusak keluarga

Minum, ada waktunya
Minum, secukupnya
Minum, ditempatnya
Minum, sepuasnya

Di felem felem, budaya barat
Di felem felem, bila stress
Di felem felem, dalam peperangan
Di felem felem, hilangkan lelah
Di felem felem, pengantar tidur
Di felem felem, sebelum pidato
Di felem felem, putuskan urat malu

baro, ko minum untuk apa?
baro, ko minum tujuannya supaya?
baro, ko minum kenapa ribut?
baro, ko minum tabanting sana sini?
baro, ko minum pulang ribut?

Ingat selalu Pastor Nato Gobay Pr
Ingat selalu Pastor Nato Gobay Pr
Ingat selalu Pastor Nato Gobay Pr
Ingat selalu Pastor Nato Gobay Pr

Pandapat Anda!

Komentar ! [ Kami tidak berhak mengubah komentar anda. Kami hanya berharap gunakan sopan santun dalam berkata-kata ]


Tags: , , , , ,



Marthen Tetedemay Yegoukotu Douto Douto Group
Sopir Nabire - Bomomani - Moane - Waghete - Enaro




Previous Post

Ewaneetaida, Tempat Istirahat

Next Post

Akadoo - Akagaa





You might also like



2 Comments

on 19 June 2015

I love the website.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


More Story

Ewaneetaida, Tempat Istirahat

Manusia Memang Perlu Istirahat Bikin ganas juga istilah ini, tapi itu sudah "penetapan" turun temurun. Orang berjalan...

8 September 2013